Teachable

Theachable adalah sikap dari seorang yang siap belajar. Orang yang memiliki sikap teachable adalah orang yang akan maju dalam bidang apapun, termasuk dalam berbisnis. Orang bijak berkata "Jangan pernah merasa matang karena itu bertanda sebentar lagi akan busuk, tetaplah merasa hijau, untuk terus mempunyai ruang dalam belajar" Ini yang harus dimiliki seseorang untuk terus berkembang.
  

Sikap teachable berarti bahwa kita siap untuk belajar, dan diajar. Kita siap untuk secara mandiri mempelajari apa saja yang bisa kita pelajari untuk bisa berhasil, sekaligus memiliki kesediaan untuk diajari oleh orang yang lebih dulu berhasil.

Naluri manusia untuk sulit diajari, karena sikap 'gengsi' yang tinggi, tetapi justru itu yang menjadi penghalang untuk bisa berhasil. Terkadang kita selalu menganggap kita lebih tahu, lebih paham akan sesuatu tapi perlu kita ingat pepatah "Diatas langit masih ada langit", masih ada orang yang lebih tahu dan paham dari kita, buktinya mereka telah lebih dulu berhasil, Right?!

Memiliki sikap teachable memang tidak mudah, awalnya kita harus bisa melawan sikap 'gengsi' kita, dan merelakan diri kita untuk mau diajari menjadi orang yang berhasil. "Gengsi tidak akan membuat kita kaya, tapi jika kita kaya kita bergengsi" itu kata Bong Candra dalam bukunya Unlimited Wealth, buku yang luar biasa.

Jadi secara sederhana jika kita ingin sukses dalam bisnis dan menjadi kaya, jauhkan sikap gengsi, dan selalu terbuka dengan hal baru yang memang bermanfaat.  Milikilah sikap teachable, siap belajar, melakukan dan mengajarkan pada yang lain, maka kesuksesan akan lebih mudah kita dapatkan.

Semoga tulisan ini bermanfaat, dan membuka paradigma baru, "Jauhkan Gengsi!" Ok?!

Salam Sukses
Do the best, Get the best...

9 comments:

lyna riyanto mengatakan...

Dan belajar bisa dari manapun serta dari siapapun
begitu khan Pak Yan.

Ryan Rudiansyah mengatakan...

@Lyna: yup tepat sekali...kita bisa belajar dari siapa saja dan memperoleh ilmu bermanfaat

Menciptakan 1.000.000 Netpreneur Baru, Gratis Facebook Store di LakuBGT.com mengatakan...

Nice share.. sob.. Artikel@ great.. :D

Ahmad fauzi mengatakan...

(y)


:D

andri mengatakan...

mantaab kanan om

NetpreneurTools.com mengatakan...

Sangat inspiratif artikelnya, salam kenal :)

testimoni mengatakan...

oh jadi begitu ya, saya sekarang jadi tahu nih

Mobile App Developers mengatakan...

Nice post, things explained in details. Thank You.

Bausch & Lomb PureVision mengatakan...

This is the precise weblog for anybody who needs to seek out out about this topic. You notice so much its almost arduous to argue with you. You positively put a brand new spin on a subject that's been written about for years. Nice stuff, simply nice!

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungannya dan komentar yang diberikan.
Saran membangun sangat dinanti demi kemajuan weblog ini.

*Yang tidak memiliki blog/web --> pilih Name/URL,
isi URL dengan link FB.

**Komentar tidak dimoderasi. No SPAM Please.